Kalender

November 2019
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori

Maret 4, 2021

Dinas Pendidikan Kab Ponorogo

Gedung Terpadu lantai 3. jalan Basuki Rahmat Telp/Fax (0352) 481479/383542

Workshop Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Implementasi E-RKAS

2 min read

Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo hari senin (25/11) s.d rabu (27/11) menyelenggarakan Work Shop Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Implementasi E-RKAS bagi di satuan pendidikan dasar tahun 2019. Acara yang dibuka dan ditutup langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Ir Endang Retno Wulandari, MM didampingi Kepala bidang Pembinaan SMP  Soiran, S.pd.MM yang bertempat di Aula merah dua Sarangan, Magetan.

Sebanyak 112 Kepala Sekolah dan operator SMP se-Kabupaten Ponorogo turut serta menghadiri acara ini. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah ini merupakan model pengelolaan yang memberikan otonomi atau kemandirian kepala sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan semua warga sekolah sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, kabupaten dan kota.

Pada prinsipnya, MBS ini berpijak pada power sharing, dimana seluruh warga sekolah dan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk mencapai tujuan sekolah. Kepala sekolah disini akan berperan sebagai fasilitator dalam partisipasi bersama ini.

Ir. Endang Retno Wulandari.MM disela sela sambutannya berpesan “Mari lakukan perubahan bersama sama membangun dari bawah, lakukan hal –hal yang kecil demi kemajuan pendidikan kita, kita satu, satu untuk ponorogo”

“Sudah waktunya harus berani bergerak dari zona nyamannya. Kita semua  harus mampu membangun strategi yg tidak biasanya untuk bisa menguasai dan menanamkan untk membangun inovasi, kreatifitas dan mental anak-anak didik kita” tambahnya.

Tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap hasil pendidikan yang dipengaruhi perkembangan kebijakan sosial, politik, ekonomi, dan budaya menjadi alasan adanya kebijakan MBS ini. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian warga sekolah, meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah, serta memberdayakan potensi sekolah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Disamping itu dilakukan workshop tentang Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (e-RKAS) yaitu aplikasi e-RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.