Kalender

Desember 2019
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori

Januari 20, 2021

Dinas Pendidikan Kab Ponorogo

Gedung Terpadu lantai 3. jalan Basuki Rahmat Telp/Fax (0352) 481479/383542

Dukcapil dan dindik Kab. Ponorogo jaring anak sekolah belum punya Akta Kelahiran dan KIA

2 min read

Masih adanya anak Ponorogo khususnya pelajar yang saat ini belum memiliki akte kelahiran, Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo melakukan rapat koordinasi untuk menjaring anak didik yang belum memiliki dokumen kependudukan. Berdasarkan data DAPODIK saat ini masih adanya yang belum tercatat dalam data kependudukan yang tercantum pada kartu keluarga (KK). Padahal data anak-anak ini sangat diperlukan untuk data pokok pendidikan (Dapodik). Untuk itulah Dinas Pendidikan Ponorogo  saat ini terus berupaya melakukan pembenahan data pokok pendidikan (DAPODIK).

Hal ini juga senada dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Ponorogo, “berdasarkan database kependudukan bahwa masih rendahnya cakupan kepemilihan Akta Kelahiran anak usia 0 s/d 18 Tahun yang saat ini baru mencapai 93%” ungkap Kepala Bidang Pencatatan Sipil Suwadi,SH di sela sela rapat koordinasi.

Ditempat terpisah Ir. Endang Retno Wulandari.MM menyambut baik rapat koordinasi tersebut. Beliau menyampaikan bahwa memang Khusus Dinas Pendidikan Di antara permasalahan yang harus segera diselesaikan adalah pendataan oleh sekolah melalui operator terkait identitas anak/pelajar. Karena saat ini Dapodik dituntut untuk memasukkan data nomor induk kependudukan para siswa . Dan ternyata di lapangan masih banyak siswa yang belum mempunyai  data kependudukan, sebab belum tercatat di Kartu Keluarga dan belum mempunyai akta kelahiran,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo,

Ir. Endang Retno Wulandari.MM juga menegaskan,jika masalah ini tidak segera diselesaikan, maka akan kasihan anak-anak tersebut. Langkah yang dilakukan Dinas Pendidikan  adalah mengumpulkan data mereka yang bermasalah, sebagai actionnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang akan  melakukan pelayanan penerbitan Akta Kelahiran, KIA dan perubahan data kependudukan lainya sesuai persyaratan yang disyaratkan.

Saat ini Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil kab. Ponorogo telah melakukan sosialisasi ke wilayah-wilayah dengan peserta rapat dengan pihak SD, Paud dan perwakilan masyarakat untuk memberikan informasi perkembangan informasi kependudukan dan mekanisme tatacara persyaratannya