Kalender

Oktober 2020
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

Desember 5, 2020

Dinas Pendidikan Kab Ponorogo

Gedung Terpadu lantai 3. jalan Basuki Rahmat Telp/Fax (0352) 481479/383542

KADINDIK PONOROGO REVIU PENERIMA BOS AFIRMASI DAN KINERJA SD DAN SMP

2 min read

Senin 12 Oktober 2020 di Aula Gedung terpadu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Ir. Endang Retno Wulandari, MM memberikan pengarahan atau reviu kepada Kepala Sekolah dan Operator SD dan SMP penerima BOS Afirmasi Kinerja Tahun Anggaran 2020. Untuk Kabupaten Ponorogo sekolah penerima Bos Afirmasi dan Kinerja sebanyak : 127 dengan rincian Lembaga SD sebanyak 115 sedangkan lembaga SMP 12 lembaga. BOS Afirmasi adalah Program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan Pendidikan Dasar dan menengah yang ada di Daerah khusus. Sedangkan BOS Kinerja merupakan dana yang dialokasikan bagi sekolah yang memiliki Kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan di Daerah khusus yang ditetapkn oleh Kementerian.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Ir. Endang Retno Wulandari, MM menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini tolong dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan regulasi yang ada”. Terkait dengan BOS Afirmasi, bu retno berharap kepada Kepala Sekolah dan guru terkait sekolah yang belum mendapat ijin melaksanakan ujicoba belajar tatap muka, untuk merencanakan sistem pembelajaran dengan  kreatif dan inovatif agar anak-anak untuk bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring) dengan baik.

Dalam pengarahannya Bu Retno juga menyampaikan bahwa dalam penyusunan RKAS harus Transparan dan paham tentang tujuan penggunaan Dana BOS reguler maupun BOS Afirmasi dan Kinerja yang sesuai dengan kebutuhan sekolah ( 8 Standart Visi dan Misi Sekolah ). Diketahui bahwa ada Aplikasi baru dalam pengadaan kebutuhan sekolah yaitu SIPLAH ( Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah) yang saat ini sudah  ada 6 Marketplace terdiri dari :

  1. INTI
  2. eureka
  3. SIPLAH BLANJA.COM
  4. TOKO LADANG
  5. Pesona EDU
  6. com

SIPLAH memudahkan sekolah untuk belanja secara online yang dalam membangun UMKM.  Untuk belanja melalui SIPLAH wajib dilakukan oleh semua lembaga penerima Dana Bos Reguler, Afirmasi dan Kinerja, Namun Dinas Pendidikan sendiri tidak mengarahkan belanja di salah satu Marketplace, namun lebih baik belanja di daerah kita sendiri Kabupaten Ponorogo apapun Marketplace yang ada.

Bu Retno disapa begitu mengajak semua yang mendapatkan BOS regular, Bos Afirmasi dan Kinerja mempunyai semangat yang sama, saling bekerja sama dengan Tim yang ada di lembaga Sekolah maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, sehingga akan meraih hasil yang maksimal